alat sondir digital

Alat Sondir Digital HMP SON Terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi

Alat Industri

Faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap kestabilan pondasi bangunan adalah kondisi tanahnya. Itulah alasannya kenapa sebelum pondasi dibuat, biasanya para kontraktor melakukan analisa atau yang sering disebut penyelidikan tanah untuk mengetahui karakteristik tanah yang akan dijadikan landasan pondasi bangunan.

Beberapa parameter tanah yang diperhatikan ketika sedang melakukan analisa tanah yaitu kadar air, lapisan tanah, daya dukung tanah, lapisan tanah sondir dan juga kekuatan tanah.

Tujuan dilakukannya analisa tanah ini adalah untuk menentukan apakah tanah tersebut layak dijadikan landasan untuk pondasi bangunan. Pengujian seperti ini disebut uji sondir sesuai dengan tujuannya untuk menentukan tanah sondir atau tanah keras yang akan dijadikan landasan pondasi bangunan.

Lalu, apa jadinya jika pengujian sondir ini tidak dilakukan ? maka akan berakibat sangat fatal, pondasi tidak akan memiliki landasan untuk mengalirkan beban sehingga bangunan berpotensi ambruk karena kehilangan daya dukungnya.

Pengujian sondir dilakukan menggunakan sebuah alat khusus yang bentuknya silindris lalu diletakan diatas titik tanah yang akan diuji. Alat ini sudah digunakan sejak zaman dulu dengan mekanisme yang masih tradisional.

Saat itu Belanda sedang melakukan pembuatan pondasi sehingga mencari cara untuk menentukan tanah yang bagus untuk dijadikan pondasi bangunan, hingga akhirnya pada tahun 1934 masyarakat Belanda mulai membuat sebuah alat untuk sondir dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, alat sondir telah hadir dalam bentuk yang lebih canggih. Sekarang ini sudah ada alat sondir digital yang teintegrasi dengan sistem komputerisasi, salah satunya adalah alat sondir HMP SON.

HMP SON merupakan instrument sondir yang menerapkan standart ISO 2246-2 dengan tingkat pengukuran dan analisa yang akurat.

Biasanya alat sondir memiliki ukuran yang cukup besar dan harus dioperasikan oleh beberapa orang. Lain halnya dengan alat sondir digital HMP SON, dilengkapi dengan roda yang bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Selain itu, alat ini bisa dioperasikan oleh satu orang operator saja.

Terdapat monitor di bagian tengah alat ini yang akan menunjukan beberapa nilai yang berhubungan dengan pengukuran dan pengujian tanah sondir.

Hasil pengukuran atau pengujian bisa langsung dicetak menggunakan mini printer yang sudah terintegrasi dengan alat sondir HMP SON.

Cara Menggunakan Alat Sondir HMP SON

Untuk cara penggunaannya, silakan Anda lihat video berikut ini :

Bagaimana menurut Anda ?? Sangat mudah dan efektif kan ???

Jika berminat, bisa langsung mengunjung tempat penjualannya di sini : jual sondir digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *