Menguji Struktur Baja dengan Tensile Test (Uji Tarik)

Mesin Industri

Testindo Baja merupakan material logam yang memiliki gabungan unsur besi dengan kapasitas unsur karbon sekitar 0,2 % sampai 2,1 % sesuai jenisnya. Baja sering digunakan sebagai salah satu bagian dari material konstruksi bangunan karena memiliki tingkat kekerasan dan ketahanan yang bagus, selain itu juga digunakan untuk komponen industri atau pabrik.

Contoh sederhana, ketika membuat jembatan tentunya dibutuhkan suatu material yang kuat untuk menahan beban kendaraan yang melintas setiap hari, disinilah peran material baja dibutuhkan. Selain itu, baja yang digunakan juga harus memiliki tingkat elastisitas yang baik ketika menerima beban sehingga tidak mudah retak ataupun patah.

pengujian las
pic source : esa.int

Selain itu, dalam penggunaan material baja untuk konstruksi juga harus diketahui besarnya maksimal regangan pada baja agar bisa dianalisa maksimal beban yang bisa diterima sehingga nantinya tidak mengalami crack atau retakan ketika sudah jadi.

Untuk menguji maksimal regangan dan elastisitas baja biasanya dilakukan pengujian yang disebut uji tarik. Pengujian ini menggunakan mesin tensile test yang memiliki konfigurasi untuk melakukan pengujian tarik. Nantinya akan terlihat data yang bisa digunakan untuk menentukan standart pada konstruksi atau industri pabrik.

mesin uji tarik

Sumber gambar : www.sersasih.wordpress.com

Mesin Uji Tarik

Gambar diatas merupakan pengujian tarik pada baja,  pengujian tarik sebenarnya mudah dilakukan dan terlihat sangat sederhana tapi manfaatnya nanti sangat besar untuk kepentingan pembangunan ataupun industri. Pada pengujian tarik perlakuan panas, deformasi, laju regangan dapat mempengaruhi pada pengujian tersebut

Selain itu, hal lain yang juga harus diperhatikan dalam pengujian tarik adalah modulus elastisitasnya agar baja tetap lentur ketika menerima beban yang berlebih, semakin besar elastisitas baja maka akan semakin kecil ragangan elastisnya ketika diberi pembebanan. Maka nilai modulus elastisitas tidak dapat diubah, sifat ini dapat berubah jika diberi panduan , perlakuan panas dan perlakuan dingin, berikut adalah table untuk acuan pada modulus elastisitas di baja :

 

mesin uji tarik

Sumber gambar : www.sersasih.wordpress.com

Dalam pengujian tarik pada baja dapat diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakian baik dan berkembang terutama dibidang kontruksi. Namun, pastikan mesin uji Tarik ( tensile test ) yang digunakan memiliki kualitas yang baik supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *