menara saidah

Inilah Alasan Kenapa Menara Saidah Masih Dikosongkan

Berita Industri

Testindo Jika Anda sering melewati Jalan MT Haryono pasti sudah tidak asing lagi dengan Menara Saidah yang saat ini sudah kosong tak berpenghuni. Beberapa waktu sebelumnya gedung ini mengundang banyak rumor mulai dari tempat persembunyian mahluk halus hingga adanya bagian struktur yang miring.

Semua rumor tersebut juga sempat viral di berbagai sosial media sehingga Menara Saidah yang kosong itu menjadi pusat perhatian banyak orang.

Namun, rumor yang menjelaskan bahwa struktur gedung tersebut miring dibantah oleh Heru Hermawanto selaku Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan dan Tata Ruan (Kadis Citata) DKI Jakarta. Bahkan, Hutama Kurya yang berperan sebagai kontraktor gedung Menara Saidah juga pernah menolak tanggapan tersebut pada tahun 2013.

Sebenarnya, jika dilihat dari perizinan gedung tersebut sudah dinyatakan layak bahkan sempat dioperasikan untuk perkantoran pemerintah dan juga swasta. Namun, terjadi masalah di dalam keluarga pemilik gedung sehingga tidak ada yang mengurusi atau mengelola gedung tersebut dan akhirnya kosong sampai sekarang.

Ia mengatakan secara perizinan gedung tersebut sudah terpenuhi semua, bahkan sempat difungsikan sebagai perkantoran swasta dan pemerintah. Namun, masalah internal keluarga pemilik, gedung tersebut jadi terbengkalai sampai saat ini.

Kabarnya, pada tahun 2013 itu Pemprov DKI juga pernah memanggil para pemilik Menara Saidah agar dilakukan perawatan dan mengoperasikan kembali gedung tersebut sehingga tidak dibiarkan kosong begitu saja.

Jika sekarang ini pemiliki ingin mengoperasikan kembali Gedung Menara Saidah sebenarnya masih bisa, asalkan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) diperbarui kembali. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam apa itu SLF ? Bisa cek disini : https://testindo.com/article/366/belajar-dari-balkon-bei-sejauh-mana-sertifikasi-layak-fungsi-bangunan-gedung

Hampir 10 tahun gedung tersebut dibiarkan kosong dan sudah pasti berbagai fasilitas yang ada di dalamnya sudah tidak dapat berfungsi salah satunya adalah lift. Bahkan, masih banyak berkas-berkas kantor yang berserakan di dalam gedung.

Sangat disayangkan jika gedung sebesar Menara Saidah ini didiamkan saja karena harusnya bisa direnovasi ulang sehingga nantinya bisa dioperasikan kembali. Namun, ada baiknya melakukan Audit Struktur Bangunan terlebih dahulu untuk mengetahui kesehatan struktur bangunannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *