jembatan di china ambruk

Jalan Layang Beton di China Tiba-Tiba Ambruk Menimpa Beberapa Kendaraan

Berita Industri

Testindo Fly Over atau jalan layang beton yang berada di Provinsi Jiangsu, China tiba-tiba ambruk pada hari kamis 10 Oktober 2019. Kejadian ini sempat terekam CCTV mobil pengendara yang sedang lewat, terlihat ada banyak kendaraan yang terjebak dibawah reruntuhan jembatan.

Diperkirakan peristiwa mengerikan tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 di kota Wuxi. Seketika upaya penyelamatan pengendara yang terjebak langsung dilakukan, lalu dilanjutkan dengan tindakan investigasi untuk mencari penyebab terjadinya kecelakaan ini.

Pada bagian atas jembatan terlihat truk merah berukuran besar yang ikut terperosok ketika jembatan ambruk. Sedangkan dibawahnya ada 2 mobil yang kondisinya hancur parah sehingga yang tersisa hanya bagian depannya saja. Setidaknya ada 10 unit Ambulance yang diturunkan untuk mengevakuasi para korban.

Video ambruknya jembatan tersebut juga sempat viral di sosial media. Pada video terlihat jembatan bergoyang terlebih dahulu kemudian ambruk dengan cepat sehingga menimpa kendaraan yang melintas di bawahnya.

Gambar lainnya memperlihatkan kondisi mobil yang sudah hancur bagian tengah hingga ke belakang, yang tersisa tingga bagian lamput depan dan kap mobilnya saja.

Di dalam video terlihat mobil roda tiga kecil yang hampir saja tertimpa, pengemudinya langsung melompat keluar kendaraan dan menjauh dari lokasi kejadian.

Pada peristiwa ini tercatat ada 3 orang yang tewas seketika dan 2 orang terluka yang dilansir dari kantor berita negara Xinhua. Saat ini masih dilakukan investigasi dengan melakukan analisa sehingga dapat ditemukan penyebab struktur jembatan yang ambruk.

Untuk menghindari kejadian ambruknya jembatan biasanya dilakukan Loading test (uji beban) sebelum jembatan dinyatakan layak beroperasi dan juga dilakukan SHMS (Structural Health Monitoring System) untuk monitoring kesehatan struktur konstruksi secara berkala.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang control dan monitoring system menyediakan layanan Load Test dan SHMS untuk jembatan. Informasi lebih lanjut silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *