pda test

Inilah Penjelasan dan Tujuan Utama PDA Test

Pengujian Industri

Testindo PDA (Pile Driving Analyzer) merupakan metode yang dilakukan untuk menguji tiang pancang yang akan dijadikan pondasi suatu bangunan. Tujuan utama dari PDA Test yaitu mendapatkan beberapa data valid seputar integritas tiang pancang, daya dukung aksial tiang dan juga tingkat efisiensi energi yang dapat ditransfer.

Sebenarnya ruang pengujian PDA ini tidak terbatas untuk tiang pancang saja tapi juga bisa digunakan untuk pengujian jenis tiang pondasi lainnya seperti tiang bor dan lainnya. Mari kita bahas beberapa data yang dianalisa dalam pengujian PDA :

Daya Dukung Aksial

Nilai daya dukung aksial berdasarkan karakteristik pantulan gelombang dari reaksi tanah. Nantinya, hasil pantulan gelombang akan dikonveksi menjadi tampilan grafik pengujian yang bisa dijadikan acuan dalam pembuatan laporan.

Keutuhan Tiang

Biasanya, tiang sering mengalami kerusakan pada saat proses pengangkatan dan juga pemancangan. Untuk menganalisa kerusakan tersebut maka dilakukan pengujian PDA. Bukan hanya dapat mendeteksi lokasi kerusakan, PDA juga berfungsi untuk mengukur luas penampang sisa yang tersedia.

Efisiensi Energi yang Ditransfer

Salah satu fungsi dari tiang pancang adalah untuk mentrasfer energi dari beban yang diterima. PDA dapat digunakan utnuk mengukur energi besaran energi pemancangan aktual yang terus ditransfer selama pengujian berlangsung.

Macam-Macam Alat PDA Test

Hammer dan Monitor PDA

Strain transducer 2 pcs

Sensor Accelerometer 2 pcs

Kabel penghubung

Semua peralatan tersebut biasanya terhubung dalam satu kotak khusus yang tahan terhadap getaran dan benturan sehingga tetap aman ketika dibawa ke lapangan atau lokasi proyek.

Metode Pelaksanaan PDA Test

Semua peralatan atau instrument PDA disiapkan terlebih dahulu pada titik atau lokasi tiang yang akan diuji. Kemudian pasang dua buah sensor accelerometer dan strain transducer pada bagian atas tiang yang akan diuji. Pemasangan kedua sensor ini dilakukan dengan cara membuat lubang kecil pada kepala tiang dengan dibor. Pastikan bagian kepala tiang sudah rata agar memudahkan pengujian.

Selanjutnya, palu dipukul pada kepala tiang. Nantinya, gelombang yang dipancarkan oleh kedua sensor tersebut akan terbaca pada monitor grafik. Pengujian ini bersifat dinamis karena menggunakan beban yang bergerak yaitu palu.

Dalam melakukan pengujian PDA Test tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena dibutuhkan keahlian dalam membaca grafik dan nilai pengujian.

PT Testindo sebagai perusahaan monitoring dan control system di Indonesia menyediakan jasa PDA Test yang didukung dengan tenaga ahli, profesional, dan berpengalaman. Jika anda ingin informasi lebih lanjut atau pemesanan terkait jasa ini silakan hubungi staff kami lewat nomor Telepon: (021) 29563045 dan Email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *