condition monitoring

Condition Monitoring untuk Memantau Kondisi Mesin Industri

Pengujian Industri

Testindo Semua jenis mesin dalam suatu industri memiliki peranan yang sangat penting dalam proses produksi. Maka dari itu, kestablian dan kesehatan mesin harus selalu dijaga agar tidak mengalami gangguan ketika sedang beroperasi.

Metode yang dilakukan untuk menjaga performa mesin tetap bagus yaitu dengan melakukan condition monitoring. Dengan melakukan condition monitoring maka operator dapat mengetahui kondisi mesin yang sedang digunakan sehingga jika terjadi gejala kerusakan bisa terdeteksi.

Salah satu bagian pengerjaan condition monitoring adalah melakukan vibration analysis. Fungsi dari vibration analysis yaitu meminimalisir terjadinya getaran yang keras pada mesin sehingga mesin tidak cepat aus atau rusak.

Jika mesin sudah aus maka harus segera dilakukan perbaikan, baik itu perbaikan berupa service biasa ataupun dengan mengganti sparepart yang baru. Prinsipnya sama saja seperti mesin kendaraan mob il ataupun motor, jika pada mesinnya bergetar terlalu keras pasti ada indikasi bermasalah pada mesin tersebut.

Hal ini dikarenakan, setiap mesin industri memiliki komponen yang saling terhubung sehingga jika salah satu komponen mengalami aus maka dapat menimbulkan dampak yang negative pada komponen mesin lainnya. Maka dari itu, pelaksanaan vibration analysis ini tidak bisa hanya di satu bagian saja tetapi harus di seluruh bagian mesin.

Pengerjaan condition monitoring ini bisa dilakukan oleh operator atau perusahaan khusus yang memang menyediakan jasa condition monitoring.

PT Testindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang control dan monitoring system menyediakan layanan condition monitoring untuk berbagai jenis mesin industri yang digunakan untuk produksi.

Testindo memiliki tim ahli dan berpengalaman serta instrument atau peralatan yang memadai. Jika berminat silakan hubungi kami melalui nomor Telepon : 021 29563045 dan email : sales@testindo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *