alat uji tanah instrumen

4 Instrumentasi untuk Membantu Pengujian Tanah

Alat Industri

Testindo Tanah merupakan bagian penting yang harus diperhatikan ketika membuat suatu bangunan seperti gedung, apartemen, hotel, hingga jembatan. Maka dari itu, dalam proses pengerjaan bangunan dilakukan beberapa pengujian.

Salah satu jenis pengujian yang harus dilakukan yaitu Geotechnical Instrumentation. Tujuan dari pengujian ini adalah menganalisa karakteristik tanah yang akan dijadikan landasan untuk pondasi suatu bangunan.

Geotechnical Instrumentation merupakan teknik pengujian tanah untuk menganalisa dan juga memahami kondisi tanah dengan alat atau instrument khusus untuk geoteknik. Tujuan diadakannya pengujian ini yaitu untuk mendapatkan tanah yang tepat dijadikan pondasi dan juga menganalisa daya dukung tanah.

Ada 2 pengujian yang dilakukan yaitu sondir dan boring. Sondir dilakukan untuk mengukur kedalaman serta mencari lapisan tanah keras yang nantinya akan dijadikan pondasi bangunan. Ada juga boring yang dilakukan untuk mengebor titik tanah yang akan dijadikan lapisan pondasi.

Selain melakukan sondir dan boring, ada beberapa instrument yang ternyata juga digunakan untuk mendukung pengujian tanah, berikut ini macam – macam instrumennya :

Piezometer

Piezometer merupakan alat yang ampuh untuk menganalisa muka air tanah dan juga mengukur tekanan pori air ketika ada penimbunan galian tanah. Selain itu, piezometer juga memiliki sensor khusus yang dapat mengukur tingkat suhu di dalam tanah.

Inclinometer

Inclinometer ini memiliki fungsi untuk menganalisa pergerakan tanah setiap kedalaman 50 cm. Nantinya, inclinometer dimasukan ke dalam tanah dengan dilapisi pipa PVC atau paralon supaya sensor tetap aman ketika terjadi benturan dan juga untuk menjaga kelembapan suhu tanah agar tidak mempengaruhi sensor pengukuran.

Settlement Plate

setiap tanah asli yang digunakan utnuk pembangunan biasanya mengalami penurunan, maka penurunan tersebut harus diukur menggunakan settlement plate. Alat ini menggunakan beban buatan pada tanah untuk mendapatkan data penurunan yang akurat.

Theodolite dan Waterpass

Kedua alat ini memiliki fungsi dan bentuk yang hampir mirip, tapi ada sedikit perbedaan. Thedolite digunakan untuk membuat peta kontur tanah ketika awal proses pembangunan. Sedangkan Waterpass digunakan untuk mengukur elevasi, dan juga menentukan koordinat horizontal dan vertikal.

Dengan menggunakan ke empat instrument di atas maka semua data mengenai tanah yang akan diuji mulai dari suhu, kemiringan, tekanan dan lainnya bisa didapatkan sehingga dapat dijadikan data pendukung untuk pengujian tanah. Jika ingin membeli 4 instrument tersebut silakan Anda kunjungi situs : Testingindonesia.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *