coating thickness gauge

Seberapa Pentingkah Alat Coating Thickness Gauge?

Alat Industri

Pada penggunaan alat coating thickness gauge, kita dapat melakukan pengontrolan pada kualitas produk dalam jumlah yang sangat banyak. Pengaplikasian alat coating thickness dapat digunakan diantaranya pada bahan bahan baja, besi seperti pada mobil, pesawat, komponen komponen industri hingga pada ponsel genggam, alat ini juga menggunakan teknologi yang sangat canggih. Serta pada sisi lain, beberapa bahan pada alat membutuhkan beberapa perlindungan yang efektif seperti perlindungan pada korosi. Dengan mengandalkan bantuan dari alat coating thickness gauge, kita dapat memastikan jangka waktu pemakaian pada sebuah, serta dengan memastikan kualitas pada bagian luarnya.

2 aspek tersebut merupakan aspek yang penting pada sebuah produk jika kita ingin bersaing di pasaran, hal tersebut dikarenakan para pembeli tidak hanya akan melihat sebuah produk hanya pada bagian luarnya saja, mereka juga akan melakukan apapun untuk mengetahui bagaimana keadaan pada bagian dalam sebuah barang, dan begitupun sebaliknya. Karena desein menarik dan jangka waktu panjang pada pemakaian pada suatu produk merupakan sebuah pertimbangan yang besar bagi si pembeli.

Untuk pelapis pada permukaan sebuah produk dapat berupa cairan seperti cat, plastik atau juga dapat berupa logam seperti bahan seng, krom ataupun pelapis nikel. Untuk memastikan perlindungan yang optimal pada permukaan pada dilapisi, coating thickness gauge memiliki peran yang besar dalam melakukan pengukuran ketebalan pada lapisan, dengan menggunakan teknik pengukuran permukaan yang sangat handal dalam melakukan pengukuran.

Non Destructive Test & Destructive Test

Secara kasarnya pengukuran pada ketebalan sebuah lapisan dapat kita bagi menjadi 2 bagian yakni Destructive dan Non Destructive test. Adapun metode non destructive lebih banyak diminati karena pada metode ini kita dapat melakukan pengambilan sampel acak, serta kita juga dapat melakukan pengotrolan kualitas pada produk dalam skala yang besar. Tapi, pada masa lalu, sangat mustahil jika kita melakukan pengukuran ketebalan tanpa harus merusak lapisan pelindung nya terlebuh dahulu, hal tersebut dikarenakan minimnya metode pada masa tersebut.

Metode Pada Pengukuran Ketebalan Lapisan

Pada metode pengukuran coating thickness gauge tersedia beberapa alat yang dapat melakukan pelindungan atau protect pada permukaan lapisan, seperti pada metode magneto – induktif yang dilakukan untuk mengukur lapisan non magnetik seperti pada cat, pernis dll. Untuk bahan yang berbahan dasar magnetic, akan digunakan metode eddy untuk melakukan pengukuran pada lapisan logam non magnetic, logam non feritik serta pengukuran ultrasonik dari lapisan logam hingga pada lapisan non logam.

Coating Thickness Gauge Pada Penggunaan-nya

Coating thickness gauge dapat memungkinkan si pengguna untuk melakukan pengukuran pada ketebalan lapisan yang presisi sesuai dengan pengukur ketebalan lapisan yang kecil serta masih berfungsi dengan baik dengan radio probe, dengan konektifitas Bluetooth, USB dan alat pengukur canggih dengan banyaknya sensor eternal dan dengan tampilan grafik, serta dengan pengukuran ketebalan dengan menggunakan metode pulse.

Sumber : Testingindonesia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *