universal testing machine

Uji Tarik Pada Universal Testing Machine

Mesin Industri

 

Tension testing atau yang lebih familiar dengan uji tarik merupakan sebuah teknik yang terdapat pada mesin UTM (UNIVERSAL TESTING MACHINE) yang mana di dalam alat ini sudah terkontrol tegangan yang akan diterapkan pada sampel hingga pada akhirnya sampel akan mengalami kerusakan secara total.
Teknik ini bisa dibilang sebagai salah satu teknik yang paling umum digunakan. Teknik ini digunakan untuk mencari tahu seberapa kuatkah material ketika material tersebut ditegangakan atau diregangkan dengan cara ditarik sebelum pada akhirnya material tersebut akan pecah. Metode ini dapat digunakan untuk menentukan kekuatan luluh, daktilitas, karakteristik pengerasan regangan, modulus Young dan rasio Poisson.

Ultimate Tensile Strength

UTS adalah sebuah tegangan maksimum yang sudah terpapat pada sebuah spesimen selama masih dilakukannya pengujian. Hal ini mungkin akan berbeda dengan kakuatan spesimen ketika mengalami kepatahan, ini akan lebih cenderung mengarah pada rapuhnya sebuah spesimen atau keuletan spesimen, bahkan bisa keduanya.

Sifat pada spesimen dapat mengalami perubahan secara drastic, kita dapat melihat tersebut melalui lingkungan sekitar dari spesimen, mulai dari kondisi udara dingin atau bahkan panas yang sangat extrem.

Hukum Hooke

Untuk hukum hooke ini sendiri kita dapat mendefenisikannya sebagai hubungan gaya yang sudah diterapkan atau perpanjangan yang ditunjukkan oleh spesimen pada pengujian dimana pada rasio tegangan bekerja pada regangan yang konstan.

Metode Yang Terdapat Pada Universal Testing Machine

Modulus Elastisitas

Modulus elastisitas ini memiliki fungsi untuk melakukan pengukuran pada kekakuan spesimen, yang mana material akan pulih kembali pada kondisi semula ketika semua beban dihilangkan. Akan tetapi jika bahan yang sudah diregangkan tadi tidak pulih kembali pada panjang nya yang normal maka deformasi permanan pada spesimen sudah diterapkan deformasi permanen dan hukum hooke tidak akan berlaku lagi pada alat. Hal tersebut juga dikenal dengan elastisitas atau proporsional.

Kekuatan Luluh

Kekuatan luluh ini adalah sebuah titik dimana deformasi plastis akan terjadi di bawah tekanan. Hal ini juga ditentukan selama dilakukannya pengujian melalui panjang pengukuran yang diukur melalui penggunaan perangkat yang disebut dengan extensometer. Perangkat tersebut dapat berupa sebuah klip mekanis ataupun video, yang mana non kontak adalah batasannya, seperti yang terjadi pada pengukuran suhu tinggi.

Metode Offset

Metode yang satu ini digunakan pada beberapa bahan yang memiliki sifat tarikan yang akan membuat kekuatan luluh yang akan sulit untuk ditentukan, seperti pada bahan logam ataupun bahan plastic.

Moduli Alternatif

Untuk beberapa bahan yang memiliki daerah liner yang nantinya dapat didefenisikan dengan baik, maka akan digunakan metode alternative untuk menentukan modulus tersebut, itu juga termasuk secant modulus dan juga tangent modulus.

Strain

strain spesimen adalah pengukuran pada perubahan yang sedang dialami bahan pada saat dilakukannya pengujian, nantinya pengukuran tersebut akan dilakukan perbandingan dengan panjang gauge yang asli, hal ini juga dikenal dengan strain rekayasa atau strain nominal.

Jika anda tertarik anda dapat mengirimkan permintaan harga universal testing machine melalui nomor telepon : 813-9929-1909 (Zulfikri) / 0822-5870-6420 (Anto). Anda juga dapat menghubungi email sales@testingindonesia.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *