inclinometer-1

Komponen Pada Inclinometer

Alat Industri

blog.testindo.com – Inclinometer yaitu alat instrument monitoring geoteknik berguna membaca pergerakan tanah (kemiringan tanah). Instrument inclinometer ditempatkan didalam pipa inclino dengan panjang lebih dari 20 meter, pipa ini bersifat elastis yang dapat melindungi instrument pada saat ditanam didalam tanah.

 

Komponen-komponen pada inclinometer :

  • Kabel Kontrol

Kabel kontrol type 6000-2 berdiameter kurang lebih 8mm dengan inti pusat dan jaket polyurethane ekstrusi bertekanan ganda. Kekuatan minimum 500 lbs. Dan konduktor kawat-kawat pesawat yang terbuat dari bahan stainless steel yang terpasang kuat pada konektor kabel probe, tentu secara efektif mencegah peregangan kabel dan memungkinkan tarikan bertambah berat jika probe mengalami kemacetan didalam casing.

  • Gulungan Kabel

Gulungan kebel inclinometer memiliki interface pengisian daa baterai external serta lamp indikator konektivitas tanpa kabel. Interface berfungsi mengubah sinyal digital dari probe yang akan diubah menjadi sinyal radio, kemudian sinyal yang diuubah tersebut akan ditransmisikan ke PC lapangan FPC-2.

  • Gulungan Kabel Listik

Terdiri dari winch elektrik 12 volt, dengan kapasitaas max 300 meter, rem otomatis dan tripod baja galvanis. Winch berfungsi menampilkan kontrol kecepatan, kontrol arah dan cincin slip presisi, secara bersamaan alat akan diaplikasikan dalam wadah interface. Rem dirancang untuk menghentikan winch setiap 0,5 menit yang dilengkapi saklar tangan yang digunakan memicu interval ke 0,5 m selanjutnya.

  • Kontrol Kabel

Kontrol kabel model 600-20A dirancang diletakkan dibawah casing bertujuan memungkinkan kebel mampu diturunkan dengan menggunakan klem kebel bawaan dan bisa dipegang dengan mudah pada setiap kali dilakukan pengukuran.

  • Probe Dummy

Probe dummy model 600-10 secara geometris identik dengan model 6100D tapi tanpa sensor. Probe digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada selubung inclinometer yang sebelumnya telah terpasang secara bebas dan mampu mencegah penghapusan pada probe standar.

 

Fungsi inclinometer yaitu :

  • Memantau pergerakan struktur pondasi
  • Mengawasi dampak deformasi terhadap lingkungan diarea proyek
  • Menganalisa tingkat stabilitas bendungan selama masa penggunaan
  • Menganalisa pergerakan tanah dalam

 

Cara kerja inclinometer :

Cara kerja dengan menanamkan “casing inclinometer” dengan ketentuan yang disesuaikan dan diasumsikan akan terjadi pergerakan untuk mendapatkan info pergerakan pada kedalaman tertentu, jika terjadi pergerakan maka profil casing yang telah tertanam akan mengikuti pergerakan yang akan terjadi, sehingga kita dapat mengetahui besarnya pergerakan dan arah pergerakan yang terjadi untuk kemudian memonitoring pergerakan tanah dengan menggunakan alat Mens Digital Inclinometer. Proses pengambilan data dilakukan sesuai dengan prosedur dan jumlahnya ditetapkan oleh permintaan konsumen.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *