universal testing machine

Universal Testing Machine – Seberapa Pentingkah Melakukan Kalibrasi Pada Alat

Mesin Industri

Biasanya, para pengguna dari sebuah alat akan melakukan kalibrasi pada alat mereka termasuk juga Universal Testing Machine. Dan juga ada beberapa tujuan lain dalam melakukan kalaibrasi pada sebuah alat, seperti melakukan minimalisir jika ada sebuah ketidakpastian pada hasil akhir pengukuran yang dilakukan pada saat pengujian pada sebuah spesimen.

Kalibrasi pada alat juga dilakukan demi meningkatkan akurasi pada alat, karena alat akan perlahan kehilangan akurasi nya setiap kali dilakukan pengukuran. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan dunia mereka juga menggunakan mesin UTM untuk melakukan validasi pada material produk mereka, penggunaan pada mesin Universal Testing Machine adalah untuk mengontrol kualitas pada produk sebelum dilakukannya pendistribusian pada produk.

Seberapa Petingkah Dilakukannya Kalibrasi Pada Sebuah Alat

Pada saat kita melakukan pengujian pada sebuah spesimen, hasil pengujian yang dihasilkan dari pengukuran tersebut harus berada pada standar yang sudah ditetapkan, sangat tidak mungkin bagi kita untuk menggunakan sebuah alat yang sudah usang terlebih lagi alat yang sama sekali tidak pernah di lakukan pengalibrasian.

Tentu saja nilai yang dihasilkan pada alat tersebut tidak akan pernah mendekati kata akurat, atau bisa dibilang “ngawur”. Coba saja bayangkan jika sebuah perusahaan atau sebuah pabrik menggunakan sebuah alat yang tidak layak pakai tersebut, tentu saja barang yang dihasilkan tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Karena itulah sangat penting bagi para pengguna dari alat  harus melakukan kalibrasi pada alat mereka. Beberapa contoh seperti beberapa laboratorium yang sedang melakukan penelitian serta pengembangan pada suatu spesimen, dan jika mereka secara tidak sengaja menggunakan sebuah alat yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka hasil penelitian dan pengembangan mereka dapat mempengaruhi banyak orang tentang kesimpulan mereka yang sama sekali tidak akurat.

Bagaimanakah Cara Melakukan Kalibrasi

Beberapa teknisi biasanya akan melakukan kalibrasi pada suatu alat dengan menggunakan alat klaibrasi portable untuk melakukan kalibrasi pada suatu alat pengukuran atau mesin pengujian. Pada saat proses kalibrasi berlangsung, titik referensi pada alat pengukuran akan diperiksa dan akan dilakukan perbandingan dengan alat yang sedang dilakukan pengalibrasian.

Sementara itu untuk prosedur pada kalibrasi tersebut akan ditentukan oleh beberapa standar yang sudah diakui secara sah oleh beberapa pihak badan internasional, seperti ASTM E4 yang akan melakukan penentuan pada prosedur kalibrasi pada tegangan serta pada gaya tekan. Lokasi yang terdapat pada titik referensi yang akan dilakukan pengalibrasian akan ditentukan oleh beberapa standar dan kemudian akan diperiksa pada proses awal dilakukannya pengujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *