Mencegah Kegagalan Struktur Dengan Ultrasonic Pulse Velocity Test

Berita Industri

 

Infrastruktur pastinya merupakan dari suatu perkembangan yang wajib pada setiap negara, juga infrastruktur itu sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan apalagi dalam zaman modern, infrastruktur seperti gedung ,jembatan, serta bendungan merupakan beberapa contoh dari infrastruktur yang sering digunakan dan sangat berperan penting dalam kegiatan sehari-hari sebagai contoh gedung-gedung tinggi yang biasanya menjadi tempat masyarakat bekerja, lalu jembatan yang selalu digunakan untuk menghubungkan 2 jalan, hingga bendungan sebagai pengkontrol debit air, untuk penggunaan infrastruktur tersebut dalam jangka waktu lama dapat mengalami kegagalan struktur dan dapat mengancam keselamatan dari pengguna infrastruktur itu sendiri.

Untuk mencegah terjadinya kegagalan struktur bangunan pada bangunan yang telah dibuat diperlukan nya perawatan dan pengawasan yang dilakukan untuk tujuan keamanan, perawatan yang dilakukan dapat dilakukan dengan berbagai hal namun apabila menemukan kerusakan pada infrastruktur atau kerusakan pada bangunan, harus segera dilakukan perbaikan namun sebelum dilakukan nya perbaikan diperlukan nya proses analisa terhadap kerusakan bangunan tersebut guna untuk mengetahui jenis kerusakan dan dampak dari kerusakan yang telah terjadi, sehingga perbaikan yang dilakukan dapat dilakukan secara maksimal dan tidak memunculkan kerusakan baru pada bangunan kembali.

kerusakan-kerusakan yang terjadi pada bangunan tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat memengaruhi material infrastruktur hingga dapat menyebabkan kerusakan, dan apabila dibiarkan infrastruktur tersebut dapat mengalami kegagalan struktur, beberapa bagian yang dapat mengalami kerusakan diantaranya:

Kerusakan bagian bawah

sesuai dengan namanya kerusakan tersebut merupakan kerusakan yang timbul pada bagian bawah infrastruktur, kerusakan pada bagian bawah cukup berbahaya sebab bagian bawah pada setiap bangunan atau infrastruktur memiliki peran untuk menyalurkan beban berat yang diterima ketanah, namun apabila terdapat kerusakan pada bagian bawah infrastruktur beban berat yang diterima tidak akan dapat tersalurkan ketanah dengan baik, beberapa ciri atau kerusakan yang terjadi diantaranya:

  • Amblas
  • Miring
  • Puntir
  1. Pondasi sumuran, pondasi sumuran merupakan bagian penting pada infrastruktur, apabila kerusakan terjadi pada pondasi sumuran berupa retakan, retakan tersebut akan sangat mudah melebar apabila dibiarkan.
  2. Pondasi tiang pancang/beton baja, pondasi tiang pancang merupakan bagian yang menyalurkan berat yang diterima ke bawah tanah, apabila kerusakan muncul pada tiang pancang akan dapat berdampak pada:
  • Amblas nya pondasi bangunan
  • Mengalami patah pada tiang pancang
  • Kerusakan yang parah
  • Rubuhnya bangunan

Kerusakan bagian atas

Kerusakan pada bagian ini berbeda dengan bagian atas, sebab kerusakan pada bagian atas lebih mudah untuk diketahui kerusakan ini biasanya mempengaruhi pada kenyamanan pengguna infrastruktur ataupun bangunan sehingga dapat diketahui dengan mudah, beberapa indikator kerusakan merupakan:

  1. Kerusakan pada permukaan merupakan kerusakan yang cukup menggangu pengguna infrastruktur, kerusakan tersebut biasanya diakibatkan oleh kondisi sekitar dan beban yang diterima dari infrastruktur.
  2. Getaran pada infrastruktur mungkin saja dapat terjadi dan tidak menimbulkan kerusakan namun apabila terjadinya getaran yang belebihan yang diakibatkan oleh beban berlebih, hal tersebutlah yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kerubuhan.

Setiap kerusakan tentu nya dapat mempengaruhi bangunan, oleh sebab itu PT Testindo sebagai perusahaan yang telah berpengalaman dalam melakukan audit struktur menyediakan beberapa jasa yang dapat menjadi solusi perawatan bangunan diantaranya melalui jasa ultrasonic pulse velocity test, core drill, rebar scan dan hammer test.

selain menjadi penyedia jasa Testindo juga menjual alat-alat pengujian yang data dilihat disini

 pemesanan dapat menghubungi PT Testindo pada nomor Whatsapp: Zulfikri 0813-9929-1909 atau Faoji 0821-1460-7782, ataupun melalui email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *