universal testing machine

Universal Testing Machine – Pentingkah Melakukan Uji Tarik Pada Material?

Alat Industri Berita Industri Mesin Industri

Uji tarik atau yang lebih dikenal dengan sebutan tension testing adalah sebuah teknik pengujian yang terdapat pada alat universal testing machine. Teknik ini adalah salah satu teknik mekanik yang paling umum digunakan, teknik ini digunakan untuk melakukan pendeteksian pada kekuatan sebuah material ketika material tersebut diuji dengan tarikan hingga akhirnya pecah atau patah. Metode yang satu ini biasanya akan digunakan untuk melakukan pendeteksian pada kekuatan luluh, kekuatan tarikan ultimit, daktilitas, modulus dan rasio poisson.

Ultimate Tensile Strength

UTS adalah tegangan maksimum pada sebuah spesimen selama dilakukannaya pengujian pada material tersebut. Ini juga akan berbeda dengan kekuatan pada spesimen ketika spesimen mengalami patah. Hal tersebut akan lebih cenderung mengarah pada kerapuhan dari suatu spesimen, keuletan spesimen atau bahkan bisa keduanya. Sifat pada sebuah material dapat mengalami perubahan sesuai dengan keadaan dari lingkungan sekitarnya, contoh pada sebuah kondisi yang dingin hingga pada kondisi panas yang ekstrem.

Penggunaan uji tarik pada Universal Testing Machine

Uji tarik ini bisa dikatakan sebagai sebuah pengujian yang sangat penting dalam dunia perindustrian, sebab pengujian ini sudah banyak digunakan pada beberapa industri besar yang ada di berbagai negara. Uji tarik ini biasanya digunakan pada beberapa material seperti kertas, tekstil, plastic den beberapa bahan yang terbuat dari polimer. Tujuan utama dari pengujian ini adalah untuk mengetahui beberapa sifat mekanis yang terdapat pada sebuah material yang sedang dilakukan pengujian.

Lalu, kenapa harus dilakukan pengujian pada sebuah material?

Seperti yang kita ketahui, tujuan dari pengujian tarik ini adalah untuk memastikan kualitas pada sebuah spesimen agar tetap pada standard nya. Uji tarik ini dapat menentukan perilaku pada sebuah spesimen ketika spesimen tersebut diuji pada kedua sisi ujungnya. Setelah selesai diaplikasikan pada alat, maka akan dibuatlah beberapa observasi berdasarkan pada kebutuhan pada si pengguna seperti:

  • Kualitas pada sebuah material yang baru
  • Perilaku pada sebuah material di bawah gaya normal hingga ektrem pada kedua sisi spesimen
  • Dapat memberikan beberapa bukti dari pengujian yang dilakukan yang dapat digunakan untuk pengujian selanjutnya
  • Hasil dari pengujian dapat diberikan pada pelanggan, agar si pelanggan dapat memahami batasan pada kualitas sebuah spesimen

Pentingkah Melakukan uji tarik pada sebuah spesimen?

Tentu saja sangat penting, pengujian ini digunakan untuk melakukan pemilihan pada beberapa spesimen, sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Intinya alat ini bergungsi untuk menentukan lolos atau tidaknya sebuah spesimen yang akan digunakan.

Oke, sekarang kita coba ambil contoh dari sebuah jembatan gantung. Beberapa spesimen yang terdapat pada jembatan tersebut seperti kabel, besi dan beberapa bahan lainnya harus memenuhi standar yang ditentukan, karna hal tersebut dapat menentukan umur pakai dari jembatan tersebut. Nah, untuk menentukan kualitas pada spesimen tersebut dilakukanlah uji tarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa uji tarik sangat penting, terutama dalam dunia perindustrian.

 

 

Temukan Penawaran Menarik Mengenai UTM Dengan KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *