universal testing machine

Inilah Beberapa Pengujian Yang Dapat Dilakukan Menggunakan Universal Testing Machine

Alat Industri

Universal testing machine adalah sebuah alat pengujian yang digunakan untuk melakukan pengetesan pada sifat mekanik sebuah spesimen. Spesimen yang dilakukan pengetesan ini akan diberikan semacam tegangan atau tarikan, tekanan atau berupa tegangan transversal. Alasan alat ini dinamakan dengan nama “universal” adalah karena alat ini dapat melakukan pengujian pada berbagai macam jenis objek dan spesimen. Berikut adalah beberapa pengujian yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat universal testing machine.

  • Tensile Test

Tensile test atau uji tarik merupakan sebuah pengujian yang biasa diaplikasikan pada beberapa bahan seperti film atau plastic. Pengujian ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan sebuah gaya tarikan pada spesimen melalui dua buah probe yang akan menjepit keduan ujung dari spesimen, proses penarikan pada spesimen ini akan berlangsung hingga spesimen mengalami kerusakan hingga pecah. Lalu setelah itu akan dilakukan pengukuran persenan pada perpanjangan, gaya maksimum dll.

  • Compression Test

Uji tekan atau yang biasa dikenal dengan compression test adalah sebuah pengujian yang bersifat berlawanan dengan tensile testing. Uji tekan ini akan dilakukan dengan cara menekan spesimen yang diujikan, pengujian akan berlangsung hingga spesimen mengalami kerusakan.

  • Seal Strength Test

Seal strength test adalah sebuah pengujian yang dilakukan untuk menentukan gaya maksimum yang dibutuhkan untuk membuka sebuah segel yang terdapat pada sebuah paket. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan heat sealer dengan menggunakan temperature yang spesifik. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan mode uji tarik, dan hasil akhir dari pengujian akan menghasilkan gaya maksimum pada kekuatan segel. Pada intinya sih tujuan ini dilakukan untuk memeriksa seberapa besar kekuatan yang dibutuhkan untuk membuka sebuah segel pada paket.

  • Bend Strength Test

Pengujian yang satu ini adalah pengujian yang dilakukan dengan tujuan untuk menguji kekuatan pada ikatan diantara 2 lapisan material. Hasil akhir pada pengujian ini akan diukur dalam bentuk gaya rata rata. Lalu kemudian akan dilakukan sebuah pemeriksaan pada hasil pengukuran tersebut dengan menggunakan sebuah grafik, jika grafik tersebut memberikan gaya dalam bentuk yang seragam, maka itu menandakan hasil pengujian yang baik, yang mana perekat sudah diaplikasikan secara sempurna pada struktur atau bahan tersebut, dan begitupun sebaliknya.

 

 

 

TEMUKAN PENAWARAN MENARIK PADA ALAT UNIVERSAL TESTING MACHINE

DISINI

universal testing machine

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *