universal testing machine

Menentukan Komponen Yang Tepat Pada Alat Universal Testing Machine

Alat Industri

Dalam menentukan komponen yang tepat pada universal testing machine, ada beberapa langkah yang dibutuhkan. Walaupun alat ini dinamakan dengan universal, namun alat ini masih membutuhkan beberapa rancangan dan juga perencaan agar mendapatkan sebuah alat atau mesin yang sempurna dalam melakukan sebuah pengujian pada sebuah spesimen.

1. Lakukanlah pemilihan frame yang tepat pada alat

Frame test  atau kerangka pada pengujian adalah sebuah komponen yang paling penting dan peling mendasar dalam pengujian, karna frame dapat menentukan kapasitas pada setup kita. Kapasitas yang terdapat pada mesin juga tergantung pada pengaplikasian alat. Mesin yang memiliki ukuran yang lebih besar dapat memenuhi berbagai macam pengujian, namun pengujian yang dilakukan terkesan lebih lambat, jadi tidak selalu cocok untuk digunakan pada semua pengujian.

2. Tentukan controller yang tepat pada alat

Universal Testing Machine Controller atau kontrol UTM sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Analog vacuum dan paper chart sudah tidak digunakan lagi, karna para pengguna alat sudah beralih ke metode yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan komputer digital (PC). Ada dua opsi untuk unit kontrol UTM yakni: Standalone, Low-Feature Controller dan juga PC-Based, Full-Feature Controller.

Standalone, Low-Feature Controller

Metode yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada pangujian yang dilakukan secara berulang kali, seperti pengujian yang dilakukan pada sebauh labor. Interface pada alat ini memiliki pinpad dan juga layar digital dengan ukuran mini atau kecil.

PC-Based, Full-Feature Controller

Sedangkan untuk metode ini akan lebih cocok digunakan untuk R&D settings, yang mana si operator akan selalu melakukan perubahan pada prosedur pengujian. Selanjutnya akan dilakukan proses analisa pada data yang dihasilkan pada pengujian. Mesin pengujian akan digerakkan secara utuh dengan menggunakan perangkat PC.

3. Grips, Fixtures, and Accessories

Untuk grip, fitur dan aksesoris, ada segudang opsi yang dapat dipilih pada pengujian universal testing machine ini. Penggunaan pada jenis grip tertentu akan didasarkan pada konstitusi material, geometri pada sebuah sampel dan juga pada MAX anticipade force capacity.

 

TEMUKAN PENAWARAN MENARIK MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE

DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *