universal testing machine

Penggunaan uji Tarik Pada Universal Testing Machine

Alat Industri

Universal testing machine adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran atau pengujian pada kekuatan tarik, lentur, tekan dan geser pada sebuah material dengan berbagai cara pengujian. Kali ini kita akan membahas uji tarik yang digunakan pada UTM ini. Uji tarik atau yang lebih dikenal dengan tensile testing ini adalah sebuah teknik yang ada pada UTM, tegangan yang sebelumnya sudah dilakukan pengontrolan akan diterapkan pada sampel hingga sampel tersebut mengalami kerusakan, seperti pecah, putus dll.

Teknik yang satu ini adalah salah satu metode pengujian yang paling umum pada UTM. Teknik ini digunakan untuk mencari tau seberapa kuat sebuah material ketika material tersebut diregangkan sebelum akhirnya mengalami kerusakan. Untuk metode uji tarik ini biasanya digunakan untuk menentukan kekuatan luluh, kekuatan tarik ultimate, daktilitas, karakteristik pengeresan regangan, modulus young dan juga rasio poisson.

Ultimate Tensile Strength (UTS)

UTS adalah sebuah tegangan maksimum yang terpapar pada sebuah spesimen selama berlangsungnya sebuah pengujian. Hal ini mungkin akan berbeda debgab kekuatan pada sebuah spesimen ketika sudah mengalami kerusakan, hal itu akan lebih cenderung mengarah pada rapuhnya sebuah spesimen, kekerasan sebuah spesimen atau bahkan keduanya. Sifat yang ada pada sebuah material dapat mengalami perubahan, tergantung pada bagaimana keadaa lingkungan sekitar pada spesimen, seperti pada kondisi yang sangat dingin atau bahkan pada kondisi panas yang extrem.

Hukum Hooke

Hukum hooke adalah sebuah hukum yang dapat kita defenisikan sebagai hubungan pada gaya yang diterapkan dan juga pada perpanjangan yang ditunjukkan di dalam sebuah spesimen pengujian, yang mana rasio pada tegangan terhadap regangan secara konstan.

Uji Tarik Pada Universal Testing Machine

Uji tarik ini sendiri adalah sebuah pengujian yang sangat penting, mengingat pengujian ini juga sudah digunakan dalam beberapa industri besar di berbagai belahan dunia, pengujian yang dilakukan dengan alat ini biasanya akan dilakukan pada berbagai macam bahan seperti kertas, plastic, tekstil, dan bahan bahan yang terbuat dari polimer. Pengujian ini dilakukan agar kita dapat mengetahui beberapa sifat meaknik pada sebuah benda yang sedang dilakukan pengujian.

Lalu Kenapa Sebuah Material Harus Dilakukan Pengujian Tarik?

Dilakukan pengujian pada sebuah material, khususnya uji tarik adlah agar kita dapat mamastikan kualitas pada sebuah material, dan juga kita dapat melihat seberapa efektif material tersebut ketika berada dalam berbagai macam keadaan. Maka dari itulah dibuat beberapa observasi alat berdasarkan pada kebutuhan pengguna dari alat.

 

TEMUKAN PENAWARAN MENARIK MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE

DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *