universal testing machine

Kalibrasi Pada Universal Testing Machine

Alat Industri

Blog.testindo.com – Dalam melakukan kalibrasi pada alat universal testing machine, tentu kita akan melibatkan proses validasi pada akurasi sistem yang terdapat pada instrument tersebut, sistem tersebut akan bertanggung jawan dalam melakukan perpindahan dan juga data pada pengujian pada gaya. Lalu kenapa sistem yang kita gunakan tersebut harus dilakukan kalibrasi?

Untuk tujuan utama dalam melakukan kalibrasi adalah agar dapat mengurangi ketidak pastian pada hasil akhir pada pengujian tersebut, dengan memastikan akurasi pada perangkat pengujian. Universal testing machine ini juga sudah banyak digunakan dalam beberapa industri besar yang ada di penjuru dunia, karena alat ini sangat cocok dalam melakukan proses validasi pada sebuah benda atau material.

Dan juga sangat penting untuk menetapkan jadwal pada proses kalibrasi, agar kita dapat melakukan minimalisisr pada potensi kesalahan yang ada pada pengujian. Hasil akhir pada pengujian yang tidak akurat dan tidak tepat tentu juga dapat mengarahkan si pengguna alat pada kesimpulan yang tidak tepat tentang spesimen yang sedang dilakukan pengujian.

Seberapa Sering Kalibrasi Harus Dilakukan Pada Alat?

Kalau seberapa sering kalibrasi yang harus dilakukan, menurut saya makin sering makin bagus. Tapi untuk waktu kalibrasi yang direkomendasikan adalah 1 kali dalam 12 bulan, agar dapat memastikan sistem yang digunakan sudah memberikan pengukuran yang tepat dan juga akurat. Pengguna pada alat tentu juga haris melakukan peninjauan pada sertifikasi kalibrasi setiap tahun untuk memastikan apakah ada perangkat yang tidak sesuai dengan proses pengujian, atau bahakan ada yang menyimpang jauh atau menjauh secara signifikan dalam segi akurasi. Tentu ini dapat menghasilkan pengujian yang sama sekali tidak valid.

Siapa Saja Yang Dapat Melakukan Kalibrasi Pada Alat?

Ketika anda melakukan pembelian pada sebuah alat universal testing machine, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menanyakan pada perusahaan tersebut apakah mereka juga akan menyediakan jasa kalibrasi pada alat yang mereka jual. Karena ada beberapa perusahaan yang hanya menjual alat saja dan akan lepas tangan setelah alat tersebut terjual, tentu hal tersebut dapat merugikan pihak pembeli. Karena sejauh yang saya amati sampai saat ini, sebuah perusahaan yang menjual sebuah alat mereka akan lebih mengerti mengenai alat mereka daripa alat lain yang tidak mereka jual, jadi akan lebih tepat jika kita mempercayakan proses kalibrasi pada mereka yang sudah mengerti pada alat.

 

TEMUKAN PENAWARAN MENARIK MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE DENGAN KLIK

universal testing machine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *