tensile strength tester

Melakukan Perawatan Pada Universal Testing Machine

Alat Industri Mesin Industri

Blog.testindo.com – Ketika kita memiliki sebuah alat seperti universal testing machine, tentu alat tidak akan selalu memiliki peforma yang sama ketika kita baru melakukan pembelian pada alat. Karena itulah alat membutuhkan beberapa perawatan “khusus” agar alat dapat tahan lebih lama dan tetap konsisten dalam hal akurasi nilai akhir pada pengujian. Berikut beberapa perawatan yang biasa dilakukan pada sebuah alat universal testing machine:

1. Proses Instalasi

Pada saat proses instalasi pada alat utm, instalasi akan dilakukan di tempat yang steril dan juga bersih. Dengan melakukan penimbangan jika adanya kemungkinan lamanya proses beam bending pada mesin, dan juga kemungkinan penggunaan mirror extension pada tes, maka pemasangan pada alat harus pada tempat yang memiliki beberapa ruangan cadangan yang cukup.

2. Take Over

Pada saat melakukan pemasangan pada bodi utama pada alat dan pemasangan pada dyanamometer pada tube. Sebaiknya tube haru dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan solar, hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang tertinggal pada tube. Maka dari itu harus memastikan alat dalam keadaan yang paling bersih.

3. Electrical Connection

Pada perangkat mesin yang dilengkapi dengan dynamometer, starter magnetic akan dioperasikan dengan menggunakan sebuah tombol dan juga trdo dengan ukuran kecil. Input yang terdapat pada power supply memiliki daya setidaknya 38- volts, tegangan output 6 dan 6,3 volt pada bagian atas kanan pada dynamometer. Pada proses pemasangan pada kabel alat akan digunakan sebuah power supply dengan 380 volt dan magnetic starter coil dengan 380 voly dari kabel yang sudah tersambung pada power supply.

4. Melakukan Kalibrasi Pada Alat

Kalibrasi yang dilakukan pada utm ini dilakukan untuk memastikan alat tetap pada akurasi dan meminimalisirkan jika adanya sebuah ketidakpastian pada saat dilakukannya sebuah pengujian. Hal tersebut juga dilakukan agar dapat memastikan keakuratan pada perangkat pengukuran. Untuk saat ini sudah banyak beberapa perusahaan yang menggunakan alat ini untuk melakukan validasi pada sifat sebuah material yang mereka gunakan.

TEMUKAN BEBERAPA PENAWARAN MENARIK LAINNYA MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE DENGAN

universal testing machine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *