universal testing machine

Mengenal Sistem HMI Pada Universal Testing Machine

Alat Industri Berita Industri Pengujian Industri

Blog.testindo.com – Universal testing machine adalah sebuah alat berupa mesin yang digunakan untuk melakukan pengujian maupun pengecekan pada sebuah material benda, pengecekan tersebut dilakukan guna untuk menentukan kualitas pada material tersebut, baik dengan menggunakan uji tarik, tekan dan lain lain. Terdapat satu sistem yang digunakan alat ini dalam pengujiannya, yakni HMI system.

Pada saat melakukan pengujian dengan Universal Testing Machine ini, ada 2 pengujian resmi yang digunakan yakni uji tekan dan juga tarik. Dalam melakukan penggambaran pada proses pengujian secara keseluruhan, akan diperlukan sebuah sistem monitoring yang konstan. Karena proses monitoring tersebut adalah sebuah acuan untuk melanjutkan proses pengukuran ke tahap selanjutnya.

Karena itulah mesin uji universal ini menerapkan sebuah sistem yang dinamakan dengan Human Machine Interface (HMI). HMI yang digunakan pada Universal testing machine ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengontrolan, pemantauan, pengelolaan dan juga dapat melakukan visualisasi pada proses pengujian, dengan cara menampilkan angka angka, angka angka tersebut akan menjadi tumpuan pada perubahan posisi dan juga berat benda uji, yang kemudian akan diubah menjadi sebuah grafik yang dapat dilihat secara real time. System ini juga dapat mengurangi kesalahan pada proses pengambilan data pada pengujian.

Sama seperti sebuah komputer, HMI ini juga ada yang dilengkapi dengan sebuah keyboard, mouse atau berupa touchscreen. Tujuan utama pemakaian system HMI ini adalah agar dapat meningkatkan interaksi antara mesin dan juga operator  dengan melalui sebuah tampilayan layar, ini juga dapat memenuhi kebutuhan si pengguna terhadap informasi dan juga pada sistem yang sedang dijalankan.

Ada banyak cara ntuk membuat tampilan pada system HMI ini, seperti dengan menggunakan sebuah aplikasi visual studio atau dengan menggunakan sebuah perangkat keras screes panel. HMI ini juga tidak hanya menampilkan hasil dalam bentuk grafik saja, gambaran pada hasil juga dapat ditampilkan dalam bentuk sebuah video, lampu dll. Pada hasil pengukuran tersebut, si operator pada alat juga dapat melihat parameter yang ada pada sebuah sistem.

 

TEMUKAN BEBERAPA PENAWARAN MENARIK LAINNYA MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE DENGAN

universal testing machine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *