universal testing machine

Penggunaan Aksesoris Eksternal Pada Universal Testing Machine

Alat Industri Mesin Industri Pengujian Industri

Blog.testindo.com – Dalam pengujian bahan yang dilakukan menggunakan universal testing machine, ada beberapa aksesoris ekternal yang digunakan untuk proses pengujian yang lebih optimal pada alat. Berikut adalah beberapa aksesoris eksternal yang digunakan dalam pengujian universal testing machine:

1. Ekstensometer

Ekstensometer adalah sebuah aksesoris opsional yang berfungsi sebagai pengukue eksistensi pada sampel, yang kemudian akan melakukan pengujian dengan akurasi tinggi. Umumnya ekstensometer akan digunakan untuk melakukan penghitungan pada modulus atau pengukuran pada sebuah tegangan maupun regangan. Ada 2 macam ekstensometer yakni: tipe kontak dan juga nonkontak.

2. Test Fixtures

Ada banyak pengujian yang bisa kita lakukan dengan menggunakan alat universal testing machine ini, tergantung pada syarat pada pengujian tersebut. Perlengkapan pada pengujian akan memiliki variasi sesuai dengan pengujian apa yang akan dilakukan dengan menggunakan alat ini. Pada sebagian besar pengujian yang dilakukan, sudah tersedia alat yang memenuhi standar nasional.

3. Output Mechanism

Tujuan penggunaan mekanisme yang satu ini adalah agar dapat menampilkan nilai nilai pada benda yang sudah dilakukan pengukuran atau pengujian. Ada beberapa jenis mekanis yang tersedia pada alat ini. Pada mesin UTM versi jadul seperti pengukuran pada dia serta perekam grafik digunakan pada versi yang satu ini, agar si operator dapat melakukan pengamatan, serta dapat mencatat hasil pengujian secara manual.

Sementara untuk versi terbaru dari mesin ini sudah mengalami revolusi, sebut saja mesin uji tarik, hanya dapat digunakan untuk uji tarik saja. Ini agar dapat melakukan penyesuaian dengan penggunaan serta banyaknya kebutuhkan uji tekan pada saat itu, maka setelah itu dikembangkanlah alat uji universal dengan kemampuan tambahan seperti melakukan dorongan dan tarikan tanpa harus menggunakan sebuah adptor.

Saat ini alat universal testing machine juga memiliki julukan “Alat Uji Semua Bahan” untuk menggambarkan penggunaan pada alat. UTM ini dapat melakukan pengujian pada berbagai jenis bahan, dengan memberikan kontol pada kualitas bahan dan memberikan data data yang akurat. Untuk hasil tes dengan alat ini akan digunakan untuk melakukan karakterisasi pada berbagai jenis bahan yang ada. Dan juga dapat digunakan untuk mengkategorikan bahan apakah sudah lolos tes atau gagal.

 

 

TEMUKAN BEBERAPA PENAWARAN MENARIK LAINNYA MENGENAI UNIVERSAL TESTING MACHINE DENGAN

universal testing machine

universal testing machine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *