ultrasonic thickness gauge

Mengenal Ultrasonic Thickness Gauge

Alat Industri

Ultrasonic Thickness Gauge atau Alat Pengukur Ketebalan Ultrasonic ini pertama kali ditemukan oleh sorting insinyur sekaligus seorang ilmua bernama Werner Sobek yang berasal dari Katowice, Polandia. Pertama kalinya alat ini digunakan adalah untuk melakukan pengujian pada sebuah gelombang yang dipacancarkan pada sebuah sampel ala uji, kemudian akan dilakukan penghitungan pada micrometer dari pengukuran kecepatan tersebut dengan sebuah persamaan matematika.

Ada 2 jenis transducer yang digunakan dalam pengujian dengan menggunakan alat ultrasonic thickness gauge ini yakni : sensor piezometer dan juga EMAT, kedua jenis sensor tersebut dapat memancarkan sebuah gelombang suara yang akan diarahkan pada sebuah material, frekuensi yang digunakan pada transducer ini sebelumnya juga harus ditentukan. Untuk frekuensi standar yang digunakan pada alat ultrasonic thickness gauge ini adalah 5 Mhz.

Metode Pengukuran Ultrasonic Thickness Gauge

Pada metode pengujiannya, pertama tama akan diawali denga menyisipkan sebuah gauge dintara komponen yang nantinya akan dilakukan pengujian, jika gauge bisa dengan mudah keluar maupun masuk melalui celah dintara kedua komponen, selanjutnya akan digunakan gauge yang memiliki ketebalan lebih dari gauge sebelumnya. Begitu selanjutnya hingga gauge tidak dapat dengan mudah keluar melalui komponen atau gauge membutuhkan sedikit dorongan agar dapat masuk kedalan celah diantara kedua komponen tersebut. Untuk ketebalan pada sebuah gauge dapat dikatakan dengan dua celah yang terdapat pada komponen.

Ada beberapa alat pengukur ketebalan jenis ini yang menggunakan gel dalam pengujiannya, tidak hanya gel ada pasta ataupun sebuah benda berupa cairan yang berfungsi untuk mengehilangkan celah yang terdapat diantara transducer dan benda yang sedang dilakukan pengujian. Namun saat ini mungkin akan sangat sulit untuk ditemui, dikarenakan teknologi yang sudah berkembang pesat, dan juga ultrasonic thickness gauge moderen memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal menyimpan data pengujian.

Jika anda tertarik untuk membeli alat ultrasonic thickness gauge anda dapat klik DISINI atau dengan cara menghubungi agen kami melalui:

PT TESTINDO | Testingindonesia.co.id
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 304

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *