ultrasonic thickness gauge

Kalibrasi Pada Alat Ultrasonic Thickness Gauge

Alat Industri

Ultrasonic thickness gauge adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengujian pada permukaan sebuah benda, pada pengujiannya alat ini menggunakan gelombang ultrasonic dalam proses pengukurannya, terdapat beberapa jenis yang tersedia pada alat ini, masing masing jenis alat tersebut juga memiliki kelebihan masing masing pada fitunya. Contoh saja ada alat ultrasonic thickness gauge yang memiliki kelebihan pada ketahanannya, daya tahan alat, hingga baterai pada alat yang dapat bertahan lebih lama dari biasanya.

Kenapa alat harus dilakukan kalibrasi?

Pertama tama kalibrasi adalah sebuah proses dimana akan dilakukan pengecekan pada sebuah alat dengan melihat pengaturan pada alat tersebut sembari melakukan perbandingan pada akurasinya, perbandingan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan sebuah standar atau sebuah tolak ukur. Tujuan utama dilakukan-nya kalibrasi adalah agar kita dapat memastikan bahwa pengujian yang kita lakukan dengan menggunakan sebuah alat memiliki hasil yang akurat dan juga konsisten, yang sesuai dengan alat baru pada jenisnya.

Jika saja sebuah pengukuran yang dilakukan tidak konsisten pada hasilnya, maka hal tersebut akan langsung berpengaruh pada kualitas sebuah produk dan akan menurunkan kesan konsumen terhadap sebuah perusahaan yang membuat maupun menjual alat tersebut.

Sementara itu, kalibrasi yang kita lakukan pada alat ultrasonic thickness gauge ini ada 2 macam, yakni kalibrasi yang dapat dilakukan setiap hari (Jika alat memang dipakai tiap hari) kalibrasi ini memang dapat diaplikasikan langsung oleh si pengguna alat yang mana sudah sesuai dengan petunjuk yang ada. Yang satu lagi adalah kalibrasi yang dilakukan secara rutin 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, kalibrasi ini dilakukan dengan cara mengirimkan alat instrument ke tempat kita membeli barang atau alat tersebut atau dengan mengantarkannya sendiri.

Untuk itu, jika kita melakukan pembelian pada sebuah alat instrument, alangkah baiknya kita juga menanyakan pada mereka, apakah nanti setelah kita membeli alat tersebut mereka akan bersedia memberikan jasa kalibrasi terhadap barang yang kita beli (Ini tidak gratis). Ada beberapa penjual dari alat yang hanya menjual alat dan tidak melayani jasa apapun, seperti melepaskan burung dari sangkarnya.

Kalibrasi pada alat ultrasonic thickness gauge akan dilakukan dengan menggunakan calibration block atau blok kalibrasi, blok ini digunakan untuk memeriksa akurasi pada alat, blok ini juga digunakan untuk melakukan verifikasi pada sebuah alat. Blok ini juga dilakukan dalam beberapa jenis rentang atau jarak.

Temukan alat Ultasonic Thickness Gauge dengan kualitas terbaik dan harga yang bersahabat hanya di Testing Indonesia. Disana anda dapat memilih alat dengan tipe tipe yang berbeda, anda dapat memilih alat yang sesuai dengan pengujian apa yang akan anda lakukan, silahkan cek DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *