Holiday Detector Solusi Uji Poros Pada Permukaan Benda

Alat Industri

Holiday detector merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pengujia npada permukaan sebuah benda, pengujian dengan alat ini dilakukan agar kita dapat mengetahui apakah terdapat kerusakan pada permukaan benda seperti lubang atau pinhole. Untuk material yang digunakan dalam pengujian ini biasanya pada benda berbahan metal yang sudah selesai dilakukan proses pengelasan. Biasanya hasil dari pengelasan pada benda akan meninggalkan beberapa jejak seperti bintik (sampah las) yang mana bintik ini dapat menjadi celah kosong jika benda langsung dilakukan proses pengecatan.

Dan jika benda tidak dilakukan pengujian sebelumnya, celah kosong yang terdapada pada permukaan benda tersebut nantinya akan bereaksi dengan menimbulkan beberapa dampak yang besar seperti karatan dan juga korosi. Karena itulah sangat dibutuhkan alat pengujian agar kita dapat menemukan beberapa celah kosong tersebut dan segera melakukan perbaikan.

Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan alat holiday detector ini, ada beberapa teknik yang digunakan dan juga peralatan yang bermacam macam. Pengujian ini dapat anda lakukan dengan ceara melalui beberapa penerapan pada tegangan rendah maupun dalam tegangan tinggi, tergantung pada pilihan seperti apa yang akan anda buat. Untuk coating yang sudah diterapkan pada subsrat beton juga bisa dilakukan pengujian dengan tujuan untuk diskontinuitas, baik itu dengan menggunakan tegangan tinggi ataupun dengan menggunakan tegangan tinggi, tentu ini juga bergantung pada ketebalan lapisan yang akan lakukan pengujian.

Pada tegangan rendah holiday detector, akan digunakan ketika sebush sistem pada lapisan memiliki ketebalan yang kurang dari 500 mikrin atau 20 mils. Dan tegangan tinggi holiday detector akan digunakan untuk melakukan pengujian sistem ketebalan yang terdapat pada permukaan sebuah lapisan. Holiday detector dengan tegangan tinggi akan membutuhkan beberapa perawatan khusus agar alat tidak merusak permukaan benda ketika dilakukan pengujian, dan juga agar alat tidak mencederai si pengguna dari alat ketika melakukan pengujian dengan menggunakan alat ini.

Prinsip kerja dari alat ini sendiri, pertama tama alat akan mengalirkan beberapa arus energi listrik pada material yang sebelumnya sudah dilakukan pelapisan atau coating, baik itu coating yang baru selesai dilakukan meupun coating yang sudah lama dilakukan. Di dalam pengujiannya, alat ini akan mengeluarkan suara sebagai indicator jika terdapat lubang atau poros pada permukaan, dan biasanya pada coating yang baru saja dilakukan akan terdapat kerusakan seperti gelembung yang muncul ke permukaan atau berupa porositas. Dan pada coating yang sudah lama dilakukan akan terdapat beberapa regangan antara coating dan juga logamnya, jadi coating seperti tidak menempel dengan sempurna pada permukaan benda tersebut.

 

Temukan penawaran menarik mengenai holiday detector dengan harga dan kualitas terbaik dengan

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *