mengenal metode tensile strength tester

Mengenal Metode Tensile Strength Tester

Alat Industri

Blog.TestindoTensile strength tester adalah sebuah alat pengujian yang digunakan untuk melakukan pengujian pada gaya tarikan sebuah komponen atau sampel uji. Dan biasanya alat pengujian ini digunakan sebagai pendukung dalam proses pengujian, pengujian tersebut dilakukan guna untuk memahami sifat sifat yang terdapat dalam sebuah material pengujian.

Dengan menggunakan sistem pengujian tensile ini, maka kita dapat memahami intensitas pada sebuah material yang sedang kita lakukan pengujian, dan juga kita bisa melakukan pemeriksaan pada peregangan benda dengan hanya melihat seberapa panjang material tersebut bisa bertahan pada saat menerima gaya tarikan yang diberikan alat. Dan juga dalam waktu yang bersamaan pula kita bisa mendapatkan beberapa data penting pada saat akhir pengujian.

PENGUJIAN MENGGUNAKAN ALAT TENSILE STRENGTH TESTER

Kita ambil contoh pengujian pada alat ini pada sebuah jembatan, dalam melakukan pembangunan sebuah jembatan, ada 1 komponen yang paling penting daripada komponen lainnya, yaitu baja. Baja berfungsi sebagai penahan dan juga sebagai penopang beban yang ada pada jembatan tersebut, untuk menahan beban beban tersebut, akan dibutuhkan jenis baja yang memiliki tingkat elastisitas tinggi akan tidak mengalami kepatahan pada saat menahan beban tersebut.

Baja tersebut nantinya akan diuji dengan menggunakan alat tensile strength tester, setelah pengujian dengan alat ini selesai dilakukan, maka beberapa data yang didapatkan akan digunakan sebagai acuan untuk kepentingan pada proses awal pembangunan jembatan. Pada saat melakukan pengujian dengan menggunakan alat tensile strength tester ini, ada beberapa hal yang diperhatikan, seperti modulus elastisitas agar baja yang diuji tersebut tetap dalam keadaan lentur yang stabil pada saat menahan beban yang diberikan.

Jika semakin tinggi elastisitas pada baja tersebut, maka akan semakin kecil pula regangan yang akan dihasilkan pada saat proses pembebanan atau penarikan. Serta nilai pada modulus tersebut juga tidak akan bisa mengalami perubahan, akan tetapi sifat sifat tersebut juga dapat mengalami perubahan jika kita memberikan paduan antara suhu yang panas dan juga suhu dingin.

 

SUMBER

 

 

TEMUKAN PENAWARAN MENARIK MENGENAI ALAT TENSILE STRENGTH TESTER

DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *