vibration sensor

Mari Mengenal Pengujian Vibration Sensor

Alat Industri

blog.testindo.comVibration sensor adalah sebuah alat atau perangkat yang digunakan untuk melakukan pengujian pada keamanan pada sebuah benda dengan menggunakan sistem getaran. Vibration sensor ini bisa digunakan untuk memberikan wawasan kepada para tim tentang bagaimana caranya untuk melakukan pemeliharan pada kondisi sebuah aset yang bisa menyebabkan kagagalan pada sebuah perangkat, dan juga ini memungkinkan mereka untuk menghindari beberapa kebutuhan guna untuk perbaikan yang bisa memakan biaya yang besar.

APA ITU VIBRATION SENSOR ATAU SENSOR GETARAN?

vibration sensor atau sensor getaran ini adalah sebuah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur jumlah pada frekuensi getaran yang terdapat pada sebuah sistem, mesin dan beberapa perangkat tertentu. Pengukuran tersebut bisa digunakan untuk melakukan pendeteksian pada beberapa masalah lain yang terdapat pada sebuah benda, dan melakukan prediksi pada kerusakan yang dapat terjadi di masa mendatang.

Beberapa bisnis besar yang menggunakan peralatan berat dalam pengoperasian merekan biasanya akan membutuhkan alat atau sensor ini, dan juga kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan jika menggunakan alat ini dalam pengukuran- nya:

  • Kita bisa mamahami beberapa penyebab pada kerusakan benda

Ketika sebuah peralatan atau mesin yang kita gunakan sudah menunjukkan beberapa tanda kerusakan, vibration sensor ini dapat digunakan untuk melakukan penganalisaan pada penyebab utama yang terjadi pada aset tersebut dengan menggunakan RCA atau root cause analysis. Dengan memantu getaran pada aset tersebut, kita bisa melacak sumber kerusakan yang terdapat pada aset tersebut dan mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.

  • Memantau kebutuhkan perbaikan yang dibutuhkan pada sebuah aset

Meskipun pemantuan pada sebuah sistem ini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem RCA, tapi jika saat terhubung ke CMMS atau beberapa sistem yang sama, anda tidak akan bisa melakukan pelacakan atau pendeteksian pada getaran tersebut secara real time. Pada saat anda melihat getaran yang sangat tinggi pada hasil data pengujian, maka anda akan tahu bahwa anda akan perlu untuk melakukan perbaikan pada aset tersebut.

  • Menjaga keamanan keseluruhan pada aset

Untuk melakukan pemantauan pada sebuah peralatan atau aset ini, akan sangat bergantung pada sensor, terutama sensor accelerometer ini. Dengan melakukan pemantauan pada gataran dari alat menuju ke aset, kita dapat melihat performa pada aset tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan.

Misalnya, saat ini kita sedang melakukan penyesuaian pada sistem untuk melakukan proses pada sebuah bahan yang baru, maka alat vibration sensor akan digunakan untuk melihat apakah bagian tertentu pada aset tersebut dapat ditangani tanpa harus mengalami kerusakan sedikitpun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *