weather station

Weather Station Dalam Optimalisasi Bidang Pertanian

Alat Industri

Blog.testindo.com – Disaat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, beberapa bisnis modern mampu menghindar dari bahaya dan dampak buruk dari perubahan cuaca tersebut. Namun di lain pertanian, mereka terkena dampak yang cukup besar, karena para petani sangat bergantung pada perubahan kondisi cuaca alam seperti hujam, panas, salju hingga badai salju.

Perubahan cuaca juga tidak hanya memiliki dampak pada prduksi tanaman saja, namun juga bisa mempengaruhi perkembangan populasi para hama seperti belalang dll. Yang mana para hama ini menjadi momok yang paling menakutkan bagi para petani. Sebagai strategi terkahir dari PHT (Integrated Pest Management) sebuah organisasi pengelola hama tanaman.

Secara berkala mereka membagikan alat kepada para petani, alat yang mereka bagikan ini bisa mereka manfaatkan untuk melakukan pengelolaan pada resiko yang berkaitan dengan kondisi alam dan juga pada hama serangga. Dan juga alat ini bisa mereka gunakan untuk memprediksi kapan waktu yang pas bagi mereka untuk menabur pestisida pada tanaman mereka, kapan mereka harus melindungi tanaman mereka dari para hama yang mengganggu tanaman mereka, atau kapan mereka harus melindungi tanaman mereka dari embun dengan membuka jalur irigasi. Dengan begitu alat weather station ini dapat memberikan beberapa informasi yang peting bagi bisnis pertanian mereka.

Image from : https://ceptu.com

Para petani juga bisa menggunakan weather station ini untuk mendapatkan beberapa rekomendasi terkait kapan mereka harus mengambil tindakan lebih lanjur pada tanaman mereka, seperti pada sebuah ladang apel, apakah petani tersebut harus mengambil tindakan untuk mengobati tanaman apel nya dari penyakit hawar api yang menyerang tanaman apel mereka.

Dan juga para petani yang menggunakan alat ini bisa mengumpulkan beberapa data suhu harian, embun dan juga data curah hujan di sekitaran ladang mereka. Kombinasi ini juga bisa mereka gunakan untuk menentukan apakah semprotan streptomisin sudah harus digunakan, karena hawar api ini bisa membunuh satu batang pohon hanya dalam kurun waktu 1 kali musim penanaman, sehingga streptomisin harus digunakan jika ada resiko infeksi pada tanaman tersebut.

Pada sisi lain, jika kita melakukan pengaplikasian pada streptomisin terlalu sering tentu hanya akan menghabiskan uang, dan juga ini bisa meningkatkan kemungkinan bahwa hawar api tersebut sudah kebal terhadap antibiotic. Model yang terdapat pada alat ini juga sudah dikembangkan secara luas, terkhusus pada masalah serius seperti hama, prediksi embun beku, wkatu panen dan juga irigasi, atau bahkan juga bisa digunakan untuk melakukan optimalisasi pada pengaplikasian pupuk.

 

Sumber : https://dataloggerindonesia.com/weather-station-membantu-dalam-memaksimalkan-bidang-pertanian-165

Features image from : Goodfruit.com

Second image from : ceptu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *