early warning system banjir

Early Warning System Banjir Sebagai Pendeteksi Banjir

Berita Industri

Early Warning System Banjir merupakan metode pendeteksian dan penanggulangan bencana banjir terutama pada jalan raya, jembatan dan daerah sekitaran sungai yang sering mengalami peluapan air yang menyebabkan banjir. Seperti kita ketahui belakangan ini ibu kota kita yaitu Jakarta, seringkali terjadi banjir yang menghambat aktivitas terutama di sektor transportasi.

Faktor-faktor Terjadinya Banjir

Banjir di Jakarta bukan semata-mata terjadi tanpa alasan, tetapi ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya banjir di Jakarta. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya banjir antara lain faktor alam dan manusia.

Faktor alam yang menyebabkan terjadinya bencana banjir itu cukup banyak mulai dari kurangnya wilayah resapan air (hutan) karena seperti yang kita ketahui di kota-kota besar seperti Jakarta sudah dipenuhi oleh bangunan sehingga tidak adanya wilayah hijau yang dapat menyerap air hujan, curah hujan yang tinggi juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana banjir, karena dengan tingginya curah hujan ditambah kurangnya wilayah resapan air akan mengakibatkan terjadinya banjir karena volume air hujan yang tidak dapat ditampung.

Perilaku manusia yang tidak benar juga dapat menjadi penyebab terjadinya bencana banjir, sebagai contoh perilaku membuang sampah sembarangan yang menyebabkan tertutupnya aliran air sungai maupun selokan yang kemudian meluap dan terjadi banjir. Penebangan dan penggusuran hutan secara ilegal juga merupakan perilaku buruk manusia yang dapat menyebabkan banjir, seperti yang kita bahas diatas bahwa dengan kurangnya wilayah resapan air akan dapat menyebabkan banjir karena tidak tertampungnya volume air hujan.

Salah satu jenis banjir yang kerap terjadi ialah banjir bandang, Banjir bandang sangat berbahaya karena bisa datang secara tiba-tiba. Biasanya banjir jenis ini sering terjadi di daerah yang memiliki permukaan rendah, jika volume air hujan sudah tidak tertampung maka air akan mengalir ke daerah yang memiliki permukaan rendah yang dinamakan banjir bandang.

Solusi Dalam Mendeteksi Banjir

Karena banjir bandang bisa datang secara tiba-tiba maka diperlukannya pendeteksian banjir agar dapat melakukan proses evakuasi lebih cepat dan tidak berjatuhan korban jiwa.

Early Warning System Banjir merupakan solusi dalam memonitoring dan pendeteksian bencana banjir yang datang secara tiba-tiba. Metode ini menggunakan instrumen sensor yang diletakkan di beberapa titik di daerah yang sering terjadi bencana banjir. Instrumen yang digunakan berupa sensor RL-15 dan kamera guna mengukur ketinggian air dan volume air. Dengan begitu akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan monitoring dan deteksi terhadap bencana banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *