MASW

Mengenal Pengukuran VS30 Dengan Menggunakan Metode MASW

Berita Industri

Apa itu metode MASW?

Multi-Channel Analysis of Surface Waves atau biasa disebut metode MASW merupakan suatu metode seismik non-destruktif yang diperkenalkan oleh Park dkk pada tahun 1999. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi ukuran kecepatan gelombang geser, serta untuk mengevaluasi penutup lapisan tanah dan batuan dasar.

Kecepatan gelombang geser dihitung berdasarkan kecepatan gelombang Rayleigh, gelombang Rayleigh dapat diukur karena sifat ground roll pada gelombang Rayleigh, pengukuran tersebut dapat menggunakan peralatan seismik dengan geophone vertikal. Berikut adalah gambar Sifat disperse gelombang permukaan Rayleigh sebagai dasar dalam survey MASW.

rayleigh masw

Metode MASW dapat memberikan informasi gelombang geser (Vs) dalam format 1D (kedalaman) atau format 2D (kedalaman dan jarak permukaan). Hasilnya dapat digunakan untuk memperkirakan kekuatan tanah dan batuan, juga dapat menentukan kedalaman dan topografi batuan dasar (meskipun batuan dasar berada dibawah tabel air).

Pengaplikasian metode MASW

Dikarenakan metode MASW ialah metode seismik non-destruktif, maka dapat digunakan untuk beberapa pengaplikasian seperti :

  • Identifikasi lapisan tanah keras dan lunak.
  • Evaluasi kecepatan gelombang geser.
  • Identifikasi topografi batuan dasar.

Pengukuran VS30

Vs30 adalah indikator yang baik untuk menggambarkan karakteristik kekakuan dan kekuatan tanah. Meskipun demikian, pengukuran Vs30 secara langsung dengan kuantitas dan kualitas data yang baik dan biaya operasional yang ekonomis umumnya sulit dilakukan. Konsep dasar pengukuran Vs30 dalam metode survey MASW adalah pemanfaatan prinsip-prinsip penjalaran gelombang permukaan Rayleigh atau biasa disebut ground roll yang bersifat dispersive. Contoh rekaman sinyal gelombang Rayleigh dari peralatan survey MASW ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Kelebihan Survey MASW

Kelebihan survey MASW dibanding survey lainnya adalah dapat dilaksanakan dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah karena tidak memerlukan lubang bor. Survey ini juga tidak terganggu oleh adanya jalur pipa maupun struktur lain didalam tanah. Gambaran sketsa bawah tanah menjadi lebih efektif karena Vs30 memiliki kemampuan menggambar profil bawah tanah secara kontinyu.

Instrument yang digunakan pada metode ini antara lain 3 kg dan tatakan besi, 24 buah sensor geofon dengan frekuensi 4,5Hz, kabel data dan kabel take-out, seismograf dilengkapi software akuisisi dan analisa data, perangkat komputer keyboard, mouse, dan flashdisk serta sumber accu 12V 24Ah.

Proses Akusisi Data Metode MASW

Proses akusisi data dapat dilakukan bersamaan dengan akusisi seismik bias (refraksi) maupun seismik pantul (refleksi). Tujuan dilakukan akusisi data secara bersamaan ialah untuk menganalisa gelombang permukaan.

Proses analisis metode MASW diurutkan sebagai berikut :

  • Akusisi Data

Karena metode MASW merupakan metode geofisika maka dibutuhkan akusisi data sebagai tahapan awal.

  • Processing Data

Setelah didapatkannya akusisi data, selanjutnya adalah memproses data untuk mendapatkan parameter-parameter yang dicari.

  • Interpretasi

Interpretasi dari setiap metode geofisika selalu melibatkan model awal. Untuk metode MASW inversi yang dilakukan dengan forward modelling. Cara lain untuk inversi metode MASW dengan menggunakan kurva dispersi menggunakan initial model parameter Vs.

Hasil data

Lalu data akan dihasilkan dalam format 1D atau format 2D. Data tersebut dituangkan dalam bentuk laporan lengkap dengan raw data MASW.

PT. Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang instrument dan monitoring, menyediakan solusi metode MASW, Untuk info lebih lanjut anda dapat hubungi kami di Whatsapp : 0813-9929-1909 (Zulfikri), Email : sales@testindo.com, atau bisa melalui fitur live chat yang beradar di pojok kanan bawah web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *