Weigh-In-Motion

Penjelasan Sistem Weigh-In-Motion

Berita Industri

Weigh-In-Motion ialah suatu sistem yang tercipta dari sebagian instrument. Weigh-In-Motion umumnya digunakan untuk menerapkan pengkuran terhadap beban kendaraan dalam keadaan bergerak. Sistem ini terdiri dari sebagian instrument yang sering berkembang seiring berkembangnya jaman, instrument dasar yang digunakan pada sistem WIM terdiri dari load cell, strain gauge serta piezoelectric.

Pengaplikasian Weigh-In-Motion

WIM umumnya diterapkan pada jembatan serta jalan yang sering hadapi kerusakan serta kecelakaan, sistem ini mempunyai sebagian sensor yang dipasang pada sisi jembatan ataupun jalan yang akan dipantau. Diperlukannya sistem weigh-in-motion agar dapat mengaplikasikan pengukuran beban kendaraan yang lewat agar tidak overload serta menimbulkan kerusakan pada jalan ataupun jembatan serta menghindari terjadinya kecelakaan.

Sensor ini dipasang pada perkerasan jalan serta beban kendaraan yang diterima sensor ialah yang ditransfer melalui perkerasan jalan. Dalam perihal ini, karakter perkerasan juga mempengaruhi sinyal output dari sensor. Dengan menghitung serta menganalisis arus yang dibuat, sensor dapat digunakan untuk menghitung berat dari roda yang melintas ataupun gabungan gandar dari kendaraan. Saat ini telah diproduksi banyak modifikasi sensor piezoelectric dari wujud, dimensi, pengemasan sensor, serta sebagainya, untuk memperoleh hasil yang lebih baik, pemasangan yang lebih mudah, serta jangka waktu konsumsi yang lebih lama.

Untuk memperoleh informasi secara akurat, diperlukan juga CCTV selaku instrument tambahan agar bisa mengukur ketinggian serta kecepatan kendaraan yang lewat.

Fungsi sistem Weigh-In-Motion

Sistem WIM memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  • Sebagai sistem perawatan jembatan atau jalan.
  • Sebagai sistem pencegah kecelakaan.
  • Sistem yang akurat dan modern karena terus berkembang.
  • Pengiriman data dilakukan secara online sehingga lebih cepat.

Dibutuhkannya sistem weigh in motion supaya tidak terdapat lagi truk ataupun kendaraan lain yang over load. Kementrian Perhubungan( Kemenhub) juga melarang adanya truk over load yang melintas.

Tidak hanya mengukur beban kendaraan, sistem WIM juga diklaim dapat mengevaluasi pemeliharaan dan perawatan pada jembatan ataupun jalan secara periodik, serta untuk memantau kerusakan jembatan/ jalan akibat kendaraan over load dan vehicle damage factor( VDF).

Dengan terdapatnya sistem Weigh-In-Motion pada jembatan ataupun jalan, bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan serta mengurangi terbentuknya kerusakan pada konstruksi jembatan atau jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *