Menguji Ketahanan Karet Menggunakan Abrasion Tester

Alat Industri

Blog.testindo.com – Karet adalah salah satu material yang paling banyak digunakan, mulai dari kebutuhan sehari hari manusia hingga kebutuhkan besar seperti produksi pada pabrik. ada 2 jenis karet yang paling banyak digunakan, yakni karet alat dan juga karet sintetis.

Ada beberapa olahan dari karet yang membutuhkan bahan dengan kualitas terbaik, karena masalah utama pada karet adalah seberapa lama daya tahan karet tersebut ketika digunakan, terutama ketahanan karet pada daya gesekan. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas pada karet adalah dengan menggunakan mesin abrasion tester. Ada beberapa sampel pengujian yang sering diuji dengan menggunakan mesin ini seperti sampel pada ban kendaraan, sol dan juga sampel pada sabuk konveyor.

Mesin abrasion tester ini digunakan dengan cara memasang sand paper pada tabung yang ada pada alat dengan cara melilitkan sand paper tersebut. Setelah itu probe yang ada pada bagian atas alat akan dipasangkan dengan karet pengujian yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Lalu setelah itu probe akan diturunkan dan sand paper akan berputar dan menggesek permukaan karet hingga beberapa kali putaran, setelah selesai diputar karet yang diuji tadi akan ditimbang dengan menggunakan timbangan khusus untuk melihat seberapa banyak karet tersebut kahilangan berat.

Mesin abrasion tester ini bisa anda gunakan untuk memastikan bahan produk karet yang anda gunakan sudah memenuhi standar dan juga sudah siap untuk diproduksi secara massal. Karena bahan yang tahan lama merupakan pertanda tingginya kualitas pada sebuah produk.

Abrasion tester memang mesin yang sederhana, sebab pengujian ini tidak banyak menggunakan komponen yang rumit, hanya menggunakan sebuah sistem penggerak, drum silinder, dan juga 1 probe yang berfungsi sebagai penahan bahan pengujian.

 

Sumber : Testing Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *