audit struktur bangunan

Pentingnya Pengujian Audit Struktur Bangunan

Berita Industri

Blog.testindo.com – Pada Sabtu (21/8/2021), bangunan pusat perbelanjaan yang diresmikan pada tahun 2016 yaitu Margo City, Depok, mengalami musibah ambruknya plafon dan tembok. Mengutip dari Tribunnews.com, runtuhnya plafon pada bangunan Mall Margo City Depok, dikatakan terjadi pada lantai 3 bangunan tersebut dan menembus hingga area loading dock atau area bongkar muat barang yang berada di lantai paling bawah bangunan tersebut.

Penyebab ambruknya plafon pada bangunan tersebut diperkirakan karena baja ringan plafon tidak mampu menahan gypsum. Dilaporkan terdapat 11 orang yang menjadi korban ambruknya plafon Mall Margo City Depok, diantaranya mencakup petugas keamanan, karyawan dan pengunjung.

Pentingnya Pengujian Audit Struktur Bangunan Pada Fasilitas Umum

Pengujian audit struktur bangunan pada fasilitas umum bersektor bangunan sangat penting, karena banyaknya masyarakat yang sering berkunjung ke fasilitas umum tersebut dan bisa membahayakan keselamatan mereka jika terjadi kejadian serupa. Lantas apa itu audit struktur bangunan? Berikut penjelasannya.

Audit struktur bangunan merupakan sebuah metode evaluasi untuk mengetahui kekuatan struktur bangunan, beberapa hal yang mempengaruhi kondisi struktur bangunan diantaranya akibat termakan usia yang membuat kuat struktur bangunan melemah, kuat dari tulangan baja mengalami karat yang mengalami pelemahan penahanan dan bangunan mengalami deformasi atau retakan.

Pada kasus Mall Margo City Depok ini metode audit struktur bangunan merupakan metode yang tepat untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pada struktur bangunan, agar tidak terjadi kejadian serupa yang membahayakan orang-orang sekitar.

Audit struktur bangunan juga menggunakan pengujian NDT(Non-Destructive Test), non-destructive test merupakan sebuah metode pengujian yang di lakukan dalam melakukan evaluasi struktur bangunan, metode tersebut dilakukan tampa melakukan kerusakan pada object yang di uji, pengujian tersebut biasanya di sebut dengan UPV Test (Ultrasonic Pulse Velocity).

Manfaat Pengujian Audit Struktur Bangunan

Manfaat dari audit struktur bangunan yaitu dapat mengurangi kegagalan konstruksi yang dapat menyebabkan kerubuhan dan ambruk seperti yang terjadi di Mall Margo City, selain itu audit struktur bangunan memiliki manfaat lain seperti Analisa detail terkait struktur pada bangunan, Pengujian tidak merusak dan mengurangi kerugian karena kejadian keruntuhan dapat dihindari.

Untuk menggunakan jasa audit struktur bangunan dibutuhkan partner professional, PT Testindo dapat menjadi partner terbaik anda. Kami merupakan perusahaan swasta berpengalaman dan professional yang bergerak dalam bidang testing & measurement, untuk informasi lebih lanjut terkait audit struktur bangunan dapat hubungi kami di +62 21 29563045, Email : sales@testindo.com dan Website : Testindo.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *